Analisis SWOT produk Oreo
Strength ( Kekuatan)
1. Nama produk yang terkenal
2. Bahan produk yg terjamin sehat dan higenis
3. Memiliki ciri khas tampilan yang berbeda
4. Harga yang cukup terjangkau
Weaknes (kelemahan)
1.Tidak dapat tahan lama
2.Produknya mudah ditiru
3. Tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka oreo
Opportunity (peluang)
1. Budaya masyarakat yang konsumtif
2. Tempat yang strategis
3. Ciri khas yang menarik
4. banyak anak anak atau juga orang dewasa yang memilih
cemilan ringan yaitu oreo
Threat ( ancaman)
1 .Produk mudah ditiru produksinya
2. Produk tidak tahan lama
3. Sudah banyak produk lain yang sudah meniru produk oreo
dari segi model makanannya
Analisis STP Produk Oreo
Segmentasi Demografi
Pada segmentasi
demografi ini berhubungan pada jenis kelamin,usia,tingkatan
pendapatan,pendidkan dan lain-lain.Pada jenis kelamin produk ini bisa di
konsumsi oleh semua jenis kelamin,pada usia produk oreo ini semua usia sudah
pasti mengkomsumsi produk ini tetapi mungkin kebanyakan anak anak dari balita
hingga umur 10 tahun kurang lebih,pada tingkatan pendapatan karena produk ini
harga nya sangat terjangakau jadi dengan pendapatan yang rendah juga dapat
membeli produk ini,pendidikan produk ini dikonsumsi oleh semua kalangan
pendidikan mulai dari anak tk sampai kuliah bahkan kerja sekaligus.
Segmentasi Geografi
Pada
segmentasi geografi ini tertuju kepada penyebaran penjualan produk.Pada produk
oreo ini ternyata setelah di analisis hampir semua provinsi,kota/kabupaten,bahkan
desa- desa di berbagai daerah juga terdapat produk oreo ini,tetapi lebih banyak
terdapat di provinsi jawa.
Segmentasi Status Sosial
Pada segmentasi
status sosial ini lebih menjelaskan bahwa produk yang di analisis cocok di Kalangan
mana seperti kalangan atas,kalangan menengah,kalangan bawah.Produk oreo ini
setelah dilakukan analisis produk ini bisa di jual belikan kepada semua
kalangan dan tidak ada perbedaan.
Analisis 4P
·
Product
Pada produk oreo ini dijelaskan bahwa Oreo
adalah nama dagang dari sejenis biskuit yang diproduksi oleh Nabisco, dibuat
pertama kali pada 1912. Terdiri dari dua biskuit coklat dengan krim putih di
tengahnya. Salah satu cara populer untuk
memakan Oreo adalah dengan mencelupkannya ke dalam susu. Selain itu Oreo juga digunakan untuk bahan
baku untuk makanan lain, misalnya milkshake dan es krim. Di Indonesia, Oreo
diproduksi oleh PT. Mondelēz Indonesia Manufacturing (dahulu PT. Nabisco
Indonesia sebelum tahun 2008 dan PT. Kraft Indonesia sebelum tahun 2013) di
Bekasi, Indonesia. Oreo memiliki banyak rasa yaitu Original,Oreo Double
Stuf,Oreo Chocolate Crème,Oreo Coconut Delight,Oreo Dark and White
Chocolate,Oreo Peanut Butter and Chocolate (sebelumnya Double Delight), dan
masih banyak lagi.
·
Price
Pada produk oreo ini dari segi harga produk
oreo ini sangatlah terjankau mulai dari 7.000 sampai 50.000. Kalau yang
harganya 7 ribu ini masuknya ke oreo yang 137 gram dengan berbagai rasa,ada
juga yang oreo mini biscuit dengan harga 8.050 dengan varian rasa beragam,ada
yang 1 box berisi 12 dengan harga 19.000, oreo wafer dengan harga 20.000
berbagai varian rasa,oreo wafer sticks milk chocolate 250 gram 55.000,oreo soft
cake 1 pak isi 12 harga 18.000,oreo selection bungkus kaleng harga 50.000, dan
yang sedang hitz yaitu oreo supreme dengan harga 500.000 mungkin yang ini di
perjualkan dengan cara berbeda karena harga yang terlalu mahal.
·
Place
Pada produk oreo dari segi lokasi karena
target pemasarannya tidak susah jadi tidak susah juga jika ingin menjual produk
karena hampir setiap orang suka dengan cemilan ringan ini.biasanya di jual di
warung – warung sembako,di indomaret,alfamaret dan market – market yang lain.
·
Promotion
Pada segi promosi produk oreo ini banyak
variasi nya mulai dari iklan offlane dan online.promosi offlane contohnya
terkadang di jalan-jalan terdapat baliho promosi oreo atau di banner-banner dan
tidak sedikit juga produk ini menjadi sponsor suatu event.kalau promosi online
melalui media sosial seperti iklan di yuotube,di intagram, facebook dan
lain-lain.Dari semua promosi tersebut semuanya terbilang cukup efektif .
Mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat.
Assalamualaikum Wr.Wb
0 Komentar